Skip to content

1 Jam Saja

30 Maret 2009

logo kampanye earth hour 60 minutes

logo kampanye earth hour 60 minutes

“Matikan lampu ta’ satu jam tanggal 28 nanti” kata saya kepada seorang kawan. “Untuk apa?” jawabnya. “Ada program Earth Hour, kita mematikan lampu dan alat listrik lainnya selama satu jam. Nah, karena ini gerakan dunia yang sifatnya massal walaupun kesannya sederhana tapi secara akumulasi pengaruh positifnya besar, yaa itu tadi kita berusaha menyelamatkan bumi” saya menjelaskan.  Kawan saya lalu menjawab “Aah, kita capek-capek menyelamatkan Bumi, tapi lebih banyak yang capek-capek merusak Bumi!” (Glekk!!??)

Pendapat kawan saya itu ada benarnya, tapi toh saya masih memiliki keyakinan paling tidak ada usaha untuk peduli terhadap Bumi, sekecil apapun itu. Jadilah di rumah saya (dengan menggunakan kekuasaan sebagai kepala rumah tangga) gelap gulita pada malam 28 kemarin. Hmm..cuma kelihatan agak aneh karena listrik/lampu rumah yang lainnya di kompleks saya tetap menyala

dsc000051

dsc000011

suasana gelap dalam rumah, laptop masih bisa on karena dalam kondisi full charge (atas)

dari luar kelihatan aneh, karena di kanan kiri rumah saya lampunya tetap nyala (bawah)

Sejak tahun 2007, WWF (World Wide Fund for Nature atau World Wildlife Fund) telah dua kali mengadakan Earth Hour (60 Menit Untuk Bumi). Earth Hour merupakan sebuah acara tahunan internasional yang diselenggarakan tiap Sabtu terakhir bulan Maret dengan meminta partisipasi masyarakat dunia untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak diperlukan selama 1 jam (60 menit) baik di rumah, perkantoran, ataupun fasilitas lain.  Adapun tujuan kegiatan tersebut untuk memunculkan kesadaran (awareness) dan tindakan nyata guna menyelamatkan bumi dari perubahan iklim (global warming).

Pertama kali Earthhour diadakan di Sydney (1 kota) pada 2007, dan bertambah menjadi 35 kota  yang ikut partisipasi pada tahun 2008 dan didukung oleh 400 kota di seluruh dunia.  Dan pada tahun 2009 ini (informasi hingga 23 Maret 2009) telah terdapat 2140 kota yang mendukung Earth Hour 2009, termasuk Jakarta.

One Comment leave one →
  1. 25 Maret 2011 3:31 pm

    mengapa harus matikan lampu 1 jam.. padahal lampunya belum dimatikan..ehh sudah mati duluan…(kena pemadaman bergilir) wkwkwkwkwkkwkw…..
    Selamat Mati Lampu!!!:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: