Skip to content

Pribadi seperti apakah Anda?

4 April 2009

informasi profil di facebook

informasi profil di facebook

Untuk lebih mengakrabkan diri dengan teman dan para sahabat saya di dunia maya (blog, facebook, dsb) saya selalu menuliskan karakter saya sebagai seorang sanguin sekaligus phlegmatis. Hal itu saya sengaja, karena dengan demikian teman dan para sahabat saya itu bisa mengenal lebih jauh tentang saya tanpa perlu menjelaskan secara panjang lebar lagi – ntar dibilang narsis lagi, tapi masih mending daripada dikira Caleg🙂 .

Tapi ternyata masih ada yang bertanya “Sanguin dan phlegmatis itu apa ya?”.

Pada dasarnya masing-masing orang dilahirkan dengan kepribadian yang unik. Tiap orang dilahirkan dengan kecenderungan bawaan untuk memiliki salah satu dari empat tipe kepribadian dasar: sanguin, koleris, melankolis, dan phlegmatis. Memang, ada orang yang memiliki kombinasi dua kepribadian dan kadang keduanya sama seimbang. Namun biasanya, salah satu kepribadian lebih dominan. Empat tipe kepribadian ini –beserta kombinasinya– menjadikan tiap orang menjadi unik.

Meski teori ini tergolong sangat kuno, para psikolog masa sekarang mengakui, teori kepribadian ini banyak benarnya. Tak heran jika teori ini banyak dipakai untuk memotivasi hubungan antar manusia, dan ketrampilan komunikasi. Lebih-lebih setelah teori ini dipopulerkan Florence Littauer dalam buku seri Personality Plus.

Dasar teori temperamen pada awalnya diciptakan oleh Hippocrates sekitar lebih dari 2400 tahun yang lalu. Hippocrates membagi manusia menjadi 4 kepribadian dasar dan memberi nama kepada masing-masing temperamen itu sanguin (populer), koleris (kuat), melankolis (sempurna), dan phlegmatis (damai).

SANGUIN

Si san
guin adalah orang yang sangat bersemangat dalam hidupnya. Ia selalu tampak ceria, hangat, bersahabat, dan sangat menikmati hidup. Hal ini disebabkan karena ia memiliki sifat yang mudah menerima sehingga kesan-kesan dari luar dapat dengan mudah masuk ke dalam hatinya. Seorang sanguin cenderung lebih mendasarkan perasaannya daripada pemikirannya saat ia mengambil keputusan. Ia sangat menyukai ‘kesenangan’, seorang sanguin jarang sekali membiarkan hatinya bersedih berlama-lama. Ia juga tipe orang yang sangat suka bicara, dengan mudah ia dapat menularkan perasaan ‘semangat’-nya kepada orang lain melalui perkataannya. Gayanya yang gaduh, bersuara keras, dan ramah membuatnya tampak percaya diri lebih daripada yang sebenarnya.

KOLERIK

Kolerik memiliki kemauan keras dalam mencapai sesuatu. Ia adalah seorang yang aktif, praktis, cekatan, mandiri, dan sangat independen. Ia cenderung bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan bagi dirinya sendiri dan bagi orang lain. Ia adalah tipe orang yang sangat menyukai aktivitas. Ia tidak perlu dirangsang oleh lingkungannya, tetapi justru ia yang merangsang lingkungannya memlalui ide-idenya yang tidak pernah berakhir, rancangan, sasaran, dan ambisinya. Ia bukan tipe orang yang mudah menyerah terhadap tekanan dari orang lain. Bahkan tekanan tersebut justru semakin mendorongnya untuk terus maju. Bagian yang paling sedikit berkembang dari seorang kolerik ialah emosinya. Ia tidak mudah bersimpati kepada orang lain. Ia bukan orang yang dengan mudah mengekspresikan perasaannya kepada orang lain. Ia cenderung tidak peka terhadap kebutuhan orang lain. Ia cenderung bersifat dominan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

MELANKOLIS

Dari empat temperamen tersebut, melankolis merupakan temperamen yang paling kaya. Ia memiliki rasa seni yang tinggi, kemampuan analitis yang kuat, perfepeksionis, sensitif, berbakat, dan rela berkorban. Perasaan sangat berpengaruh pada pribadi seorang melankolis, ia adalah orang yang introvert tapi apabila ia sedang berada dalam puncak sukacitanya, ia bisa saja menjadi lebih ekstrovert. Pribadinya yang sangat perfeksionis cenderung membuatnya sering menyalahkan diri sendiri dan menjadi rendah diri. Padahal ia adalah seseorang yang memiliki daya analitik yang hebat yang mampu memperhitungkan bahaya, halangan dalam setiap proyek secara akurat. Si melankolis cenderung memilih pekerjaan yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan, sekali ia memilih sesuatu maka ia akan tetap setia mengerjakannya.

PHLEGMATIS

nakkePhlegmatis memiliki sifat alamiah pendamai. Ia biasanya menghidari kekerasan. Karena itu jugalah ia adalah orang yang mudah diajak bergaul, ramah, dan menyenangkan. Ia adalah tipe orang yang bisa membuat sekelompok orang tertawa terbahak-bahak oleh humor-humor keringnya, tetapi ia sendiri tidak tertawa. Ia adalah pribadi yang konsisten, tenang, dan jarang sekali terpengaruh dengan lingkungannya. Inilah yang membuatnya hampir-hampir tidak pernah terlihat gelisah. Di balik pribadinya yang dingin dan malu-malu, sesungguhnya ia memiliki kemampuan untuk dapat lebih merasakan emosi yang terkandung pada sesuatu. Karena sifatnya yang menyukai kedamaian dan tidak menyukai pertikaian, ia cenderung menarik diri dari segala macam keterlibatan. Hal inilah yang sering kali menghambatnya untuk menunjukkan kemampuannya secara total. Sering kali mereka hanya menggunakan 30%-50% dari kemampuan mereka.

Empat Kombinasi Kepribadian

Di dunia ini tidak ada seorang pun yang memiliki salah satu temperamen secara murni, pastilah ia merupakan campuran dari sekurang-kurangnya dua temperamen. Umumnya manusia punya kombinasi dari kedua kepribadian. Kadang keduanya seimbang, namun umumnya salah satu lebih dominan, dan yang lain dalam kadar lebih rendah.

Sanguin dan koleris bisa berkombinasi secara alami karena keduanya ekstrovert, optimis dan terus terang. Kombinasi ini menghasilkan individu yang sangat energik. Mereka punya daya tarik serta banyak bicara sambil menyelesaikan pekerjaan mereka, entah melakukannya sendiri atau menyuruh orang lain untuk mengerjakannya.

Phlegmatis dan melankolis bisa berkombinasi karena keduanya introvert, pesimis, dan lembut. Mereka melakukan segala sesuatu dengan sempurna dan tepat waktu, tidak mau mengambil sikap konfrontatif. Namun manusia tipe ini akan mudah terkuras energinya jika berurusan dengan orang lain.

Kombinasi koleris-melankolis dan sanguin-phlegmatis menggabungkan optimis dan pesimis, yang suka hura-hura dengan yang tidak suka hura-hura, dan yang supel dengan yang suka menarik diri. Akibatnya cenderung tidak seimbang dan berubah-ubah kepribadiannya tergantung keadaan.

Kombinasi koleris-melankolis menghasilkan individu yang sangat berorientasi pada tugas. Kombinasi ini akan menjadi peraih prestasi tertinggi, melakukan segala sesuatu dengan cepat dan sesempurna mungkin. Namun mereka bisa menjadi nge-boss dan manipulatif sekaligus mudah stres jika orang lain tak bisa melakukan segalanya dengan benar dan tepat waktu.

Kepribadian sanguin dan phlegmatis juga bisa berkombinasi, menghasilkan manusia yang berorientasi pada hubungan. Kombinasi ini menjadikan individu ini jadi teman semua orang. Ia dikagumi karena sifat humornya, selalu rileks, dan menerima orang lain apa adanya. Namun ia cenderung tidak disiplin, tidak suka melakukan apapun, mudah lupa tanggung jawabnya, dan selalu dapat merayu orang lain untuk mengerjakannya bagi mereka.

Nah, sudah tau kan? Kira-kira kepribadian anda yang mana ya?

7 Komentar leave one →
  1. 4 April 2009 12:05 pm

    semakin maju peradaban umat manusia, ternyata makain banyak temuan yang menarik. bahkan karakter dan kepriadian seseorang pun bisa dideteksi.

  2. 4 April 2009 12:35 pm

    kemajuan peradaban pada intinya berbanding lurus dgn perkembangan teknologi. perkembangan teknologi sendiri memungkinkan tiap individu untuk berbagi ilmu dan pengetahuan.
    kalau kita perhatikan Pak, teori di atas malah ditemukan kl.2400 thn yl. seandainya tidak ada teknologi (baca; internet) kita tidak tahu formula 4 karakter diatas. gimana Pak?
    Btw, makasih udah singgah Pak Sawali.

  3. 16 April 2009 8:53 am

    saya kayaknya Kolerik-Melankolis…🙂

  4. 19 April 2009 5:25 pm

    wah mantap bro

  5. 9 Januari 2010 2:22 am

    Salut buat Sulfikar. keren banget. saya masih bingung nih termasuk yang mana, tapi lebih mendekati Kombinasi koleris-melankolis dan sanguin-phlegmatis ini. wkwkwkwkwkwk.

  6. 22 September 2011 11:51 pm

    😉 kalu gua menurut hasil test terakhir 50% melankolis, 25% koleris, 25% lagi d bagi dua hampir sama rata antara plegmatis ama sanguinis,, Hahahahaha

    b’arti termasuk golongan yg mana tuh (tpi gua pikir dari semua uraian d atas dari masing” sifat yang di jelasin pasti ada barang satu apa dua gtu yg emang gua bgd,, hahah

    • achmad sulfikar permalink
      2 Oktober 2011 11:05 pm

      intinya pribadi manusia itu unik ciewul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: