Skip to content

Riset Literatur, Mencari Buku Pake Google

11 Januari 2010

Isi bank data di dapat Google dari berbagai website dan sumber lain. Kini mesin pencari ini menyediakan kemungkinan untuk melakukan riset literatur atau buku. Buka www.google.com/books dengan cara ini, informasi yang tadinya hanya tersedia dalam bentuk cetak, dapat di baca secara online. Tutorial ini akan membantu anda yang gemar membaca atau sedang melakukan studi atau riset literatur.

Fasilitas Google Books untuk mencari buku

Mencari buku hampir sama dengan melakukan riset dalam website. Pertama, masukkan kata kunci ke dalam kotak isian, kemudian google berusaha menemukan sebuah karya yang di dalamnya mengandung kata kunci yang anda masukkan tadi. Setelah buku yang cocok ditemukan. Google menghubungkan pengguna dengan buku tersebut. Untuk pencarian yang lebih spesifik anda bisa mengaturnya dalam “Advanced Book Search”

Klik pada judul buku yang ditampilkan untuk membuka halaman buku yang anda maksudkan. Google juga memberikan informasi lain tentang buku tersebut. Jika anda ingin membeli buku tersebut secara online, anda cukup meng-klik link “buy this book”, yang menyediakan beberapa alternatif online store seperti Amazon.

Anda dapat melihat buku secara keseluruhan maupun hanya sebagian saja (untuk buku yang hak ciptanya dilindungi). Untuk buku yang hak ciptanya dilindungi, anda hanya akan melihat beberapa halaman saja dan kutipan singkat dari buku itu. Biasanya juga akan muncul komentar “some pages are omitted from this preview”. Namun, untuk buku-buku tertentu, anda bisa melihat semua isi bacaan secara lengkap. Selain itu, anda juga dapat mencari informasi lain tentang buku itu. Jika tertarik, klik pada kata “search this book in library” dan keluarlah sebuah website yang menunjukkan perpustakaan di daerah tempat tinggal anda yang menyediakan buku tersebut (kalau ada).

“Btw sudah baca buku Berbohong dengan Statistik? … sebuah buku yang menarik”

4 Komentar leave one →
  1. 13 Januari 2010 6:40 pm

    Inovasi Google emang tambah asik aja nih. Jadi makin mudah saja dalam menulis referensi. Hehe…

    Btw, asik juga nih tampian barunya. Postingan terbaru masih yg di tengah itu ya?

  2. achmad sulfikar permalink
    13 Januari 2010 10:22 pm

    Betul bro’. tinggal kita manfaatkan saja dengan baik. Sebenarnya masih banyak “tools” google yang menarik yang mungkin kita semua belum tahu memanfaatkannya. Hehehe.. tahun baru template baru🙂. Ya, yang di tengah itu postingan terbaru.

  3. 14 Januari 2010 11:13 pm

    kalau boleh nyaranin dikit, rasanya tanggal posting tetep perlu ditampilkan di halaman utama deh.

  4. achmad sulfikar permalink
    14 Januari 2010 11:40 pm

    Hmmm… iya juga sih, sebenarnya dari kemarin masih mempertimbangkan untuk memasang tanggal. tapi kok jadi aneh keliatannya. masalahnya “theme” ini konsepnya newspaper dan di koran gak ada kayaknya tanggal ditiap artikel… makasih brother atas sarannya. btw gimana udah dapat printer? kbrnya sy tunggu waktu itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: