Skip to content

Karakter seorang Blogger, You are what you write

20 Februari 2010

Untuk mengetahui gambaran karakter atau kecenderungan seseorang dalam ilmu komunikasi banyak hal yang bisa dijadikan ukuran. Salah satunya yang paling sering di sebut orang banyak yaitu, bahasa tubuh atau body language. Bahasa tubuh termasuk gesture,mimik wajah, cara jalan, cara berbicara, cara berpakaian dan lain-lain.

Dalam hal memilih makanan juga bisa diketahui karakter atau kecenderungan seseorang. Makanya ada istilah “you are what you eat”. Bahkan sampah yang kita buang pun mampu berbicara banyak tentang siapa kita. Para wartawan gosip atau paparazzi di luar negeri banyak menggunakan metode ini untuk mencari tahu informasi yang detail tentang selebriti incarannya. Mereka mengaduk-aduk tempat sampah yang berasal dari rumah para selebriti tersebut. Dari bungkus permen, makanan, label harga baju, botol parfum hingga sikat gigi bekas berbicara banyak tentang selebriti tersebut.

Bagaimana dengan karakter seorang blogger? Cara termudah tentu saja dengan membaca blog pribadi mereka. Lihat apa saja yang mereka bicarakan; mulai dari yang bicara tentang kesehatan, olahraga, bisnis internet, bagaimana belajar seo, hingga tips membeli kucing.
Secara sederhana bisa kita katakan orang tentu saja akan menulis sesuai dengan pengetahuan dan keinginannya. Kecuali blogger yang memaksakan dirinya untuk menulis sesuatu di luar pengetahuan dan “keinginannya” hanya karena mengejar jumlah pengunjung pada isu yang lagi trend. Di sini akan terlihat konten yang aneh, ulasan yang ngalor ngidul dan tidak bernas.

Menurut saya bersikap jujurlah dalam ngeblog, tulislah apa yang anda ingin tulis sesuai kemampuan dan pengetahuan anda, sampaikanlah hal yang bermanfaat dan berikan informasi yang valid. Bila anda berada di luar pakem ini, sangat besar kemungkinan anda akan melakukan plagiat atau mungkin duplikat konten?. Yang terpenting dari semuanya kita harus bertanggung jawab terhadap informasi yang telah kita sebarluaskan di dunia maya ini.

“bagaimana dengan blog-blog paid review?”

6 Komentar leave one →
  1. 31 Agustus 2010 3:25 pm

    saya ingat seseorang kalo baca ini,,, hanya mengejar jumlah pengunjung pada isu yang lagi trend…hehehe😉

  2. 13 Oktober 2010 11:24 pm

    welll..saya setuju bgt ama alesan yang satu ini. memang bener blog yang udah sekarat bagusnya ‘ditendang’ daripada menuh2in isi blog. lagian lebih baik, nampanign blog yang aktif dan inspiratif . itung2 sebagai rasa salut karena udah rajin ngeblog plus menginspirasi banyak orang.

    anyway,…saya termasuk golongan yang mana ni??

    heheh..salam blogwalking dh

  3. 13 Oktober 2010 11:25 pm

    adu…salah post comment. harus nya di postingan sebelha.maaaaf kan saya

    • achmad sulfikar permalink
      14 Oktober 2010 2:24 am

      hahaha.. kok bisa mbak?

  4. 18 Januari 2011 6:04 pm

    “tulislah apa yang anda ingin tulis sesuai kemampuan dan pengetahuan anda, sampaikanlah hal yang bermanfaat dan berikan informasi yang valid”

    sangat setuju dengan kata2 itu….
    trus ada lagi bung, yang suka copas hasil karya orang tanpa ngasih sumber..
    biar terlihat seperti postingannya dia sendiri padahal mah…
    pemikioran orang lain…

    salm knal,,,

  5. 26 Juli 2011 11:54 pm

    semoga saya bisa menulis apa adanya, karena kalau menulis saya selalu banyak pertimbangan, sehingga sering tiba-tiba terhenti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: