Skip to content

Teori Kegunaan dan Kepuasan

20 Maret 2010

Tulisan ini adalah artikel ketiga dari seri artikel Teori Komunikasi dan Media Massa.

Anda dapat membaca 2 tulisan sebelumnya;

Teori Jarum Suntik atau Hypodermic Needle

Teori Kepala Batu atau Obstinate Audience

Teori Kegunaan dan Kepuasan atau biasa di sebut Uses and Gratification Theory ini diperkenalkan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz di tahun 1974 di bukunya The Uses of Mass Communication; Current Perspective on Gratification Research. Teori ini banyak berkaitan dengan sikap dan perilaku para konsumen, bagaimana mereka menggunakan media untuk mencari informasi tentang apa yang mereka butuhkan. Dalam praktik politik teori ini banyak digunakan oleh para politisi. Misalnya bagaimana Bill Clinton mempelajari cara debat Kennedy ketika ingin tampil debat dengan Bush dalam pemilihan Presiden Amerika 1992.

Tidak itu saja, di gedung-gedung parlemen bisa dilihat bagaimana para anggota DPR membaca dan mengikuti begitu banyak media dalam sehari, hanya untuk memperoleh informasi dari hasil liputan para wartawan. Politisi menjadikan media sebagai mata dan hati untuk mengetahui apa yang terjadi di masyarakat, sekaligus menjadikan media sebagai pengganti partai untuk menghubungkan dengan para pendukung dan konstituennya. Namun dibalik itu orang bisa belajar dengan mengambil manfaat dari apa yang disiarkan oleh media, misalnya ketika TVRI masih menjadi satu-satunya media televisi yang sangat ketat dalam pemberitaan, boleh dikata sangat jarang atau bahkan tidak  ada unjuk rasa yang dilakukan masyarakat Indonesia. Namun, ketika televisi swasta diperkenankan menyiarkan berita-berita luar negeri tanpa banyak seleksi, orang di Indonesia dengan bebas melihat demonstrasi mahasiswa Korea Selatan dan adu jotos para anggota parlemen di Taiwan. Belajar dari apa yang mereka pernah lihat di televisi, tidak mengherankan jika demonstrasi dan unjuk rasa makin menjamur, bahkan praktik yang hampir mengakibatkan perkelahian antar para anggota parlemen juga sudah terjadi di Indonesia karena meniru apa yang mereka lihat di televisi.

11 Komentar leave one →
  1. 21 Maret 2010 10:26 pm

    Sekarang informasi bukan lagi barang mewah ya. Dengan mudahnya kita dapat mencari informasi yang kita butuhkan hanya dengan beberapa kali klik. Tentu saja bila didukung dengan “internet dan mesin pencari yang sehat”🙂 Yang menjadi tantangan adalah bagaimana kita menyaring info2 tersebut agar bermanfaat untuk kehidupan kita.

    • achmad sulfikar permalink
      23 Maret 2010 10:33 pm

      internet dan mesin pencari yang sehat harus juga didukung oleh “pencari info yang sehat” dok… tidak selalu dengan keyword porno dan semacamnya sehingga muncullah laporan statistik yang memalukan seperti; 5 Kota yang paling banyak mencari kata “bugi”.🙂

  2. achmad sulfikar permalink
    22 Maret 2010 12:27 am

    Untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teori Komunikasi, silahkan komentar disini.

    • sabena permalink
      14 Januari 2012 6:00 pm

      aku sdg buat revisi skripsi dgn judul
      strategi pembawa acara talk show di televisi
      cocok nya pakai teori apa ya ? aku pakai teori agenda setting, tp dosen penguji ku bilang sebaik nya ganti teori yg lain, tolong bantu dong kasi masuk kan teori apa yg pas dan cocok ? aku lg ga mudeng nih…hehe

    • zizi permalink
      29 Oktober 2012 11:11 pm

      apa itu teori kegunaan dan kepuasan .? aku x brapa faham .

  3. achmad sulfikar permalink
    22 Maret 2010 1:09 am

    Maaf untuk para pembaca yang mau komentar, fasilitas komentar blog ini untuk sementara tidak berfungsi dengan baik (error). Saya masih memperbaiki kerusakan pada Blog ini….

  4. 23 Maret 2010 9:13 pm

    Testing komentar dulu. Mudah2an mau langsung muncul nih…

  5. achmad sulfikar permalink
    23 Maret 2010 10:27 pm

    Thank’s Ded!

  6. edwang permalink
    24 Maret 2010 2:42 pm

    just a joke!

  7. mike chen permalink
    24 Maret 2010 2:43 pm

    It looks so funny.

Trackbacks

  1. Teori Kegunaan dan Kepuasan « Forum OJT/Magang PT ARUN LNG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: