Skip to content

Mengenal malware, perusak yang cerdas

18 Agustus 2010

Salah satu hal yang paling mengesalkan sebagian dari pengguna komputer adalah virus, selain urusan membersihkan file komputer anda agar PC anda tidak lelet. Hal yang paling sering kita lakukan untuk mengatasi virus ini adalah menginstall software antivirus, lalu kemudian kita akan selalu melakukan update software antivirus ini secara berkala baik secara manual maupun otomatis (tentu saja dalam keadaan PC anda terkoneksi dengan internet). Dalam berurusan dengan salah satu penyakit komputer ini kita biasanya akan menemukan istilah virus, worm, malware, spyware, dan lain-lain. Istilah-istilah ini saya yakin cukup membingungkan sebagian besar pengguna PC. Kita selalu memberi label virus untuk setiap program yang merusak dan menganggu sistem pada PC kita. Oke, langsung saja kita berkenalan dengan mereka.

Malware. Malware ini sebenarnya memiliki nama lengkap malicious software. Malware adalah istilah umum yang digunakan untuk software atau program yang dirancang bertujuan menyusup atau merusak sebuah sistem komputer secara diam-diam. Sekali lagi, istilah malware ini tidak begitu akrab di telinga sebagian pengguna internet. Dalam bahasa kita sehari-hari kita lebih sering menyebut virus meskipun sebenarnya kurang tepat, media massa bahkan sangat sering menggunakan istilah ini. Sebuah software disebut sebagai malware lebih karena faktor tujuan pembuatannya, daripada fitur-fitur khusus yang dimilikinya. Malware mencakup virus, worm, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software-software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.

Berdasarkan sifat dan tujuannya malware dikategorikan ke dalam tiga kelompok.

  • Kelompok pertama adalah malware yang menginfeksi komputer, yakni virus dan worm.
  • Kelompok kedua adalah malware yang bersembunyi (bergerilya) di dalam komputer, antara lain trojan horse, rootkit, dan backdoor.
  • Kelompok ketiga adalah malware yang mencari dan mencuri keuntungan, yaitu spyware, adware yang tidak jujur, botnet, keystroke logger dan dialer.

Selanjutnya… Virus dan Worm



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: