Skip to content

Trojan, Malware yang bergerilya

26 Agustus 2010

Agar tujuannya tercapai, sebuah program berbahaya harus bekerja tanpa gangguan dari pengguna atau administrator komputer (baik dihapus atau dimatikan). Untuk keperluan tersebut, malware bergerilya dengan menyamar sebagai program baik-baik sehingga pengguna tanpa ragu menginstallnya di PC mereka. Hampir semua program cracker atau key generator yang disebarkan di website-website hacker, mengandung malware yang bergerilya. Teknik seperti ini dikenal dengan nama trojan horse atau trojan.

Secara luas trojan adalah setiap program yang mengundang pengguna untuk menjalankannya, namun menyembunyikan muatan yang bisa merusak atau berbahaya. Dampak dari muatan yang berbahaya ini bisa terjadi secara langsung dan mengakibatkan kerusakan pada sistem komputer, seperti penghapusan file-file penting.

Trojan yang dikenal sebagai dropper misalnya, digunakan oleh pembuatnya untuk menyebarkan worm di jaringan komputer lokal pengguna. Metode trojan juga merupakan salah satu cara yang paling umum digunakan untuk menyebarkan spyware. Teknik untuk menyembunyikan diri dari pantauan pengguna dikenal dengan nama rootkit yang memodifikasi host pada operating system.

Trojan juga dapat digunakan untuk menginstall backdoor, metode untuk melewati prosedur otentikasi normal. Ide ini berasal dari kebiasaan pabrik-pabrik komputer yang menginstall backdoor pada produk keluaran mereka, untuk menyediakan bantuan teknis bagi para pelanggan. Backdoor ini disalahgunakan oleh para hacker untuk mengakses komputer korban dari jarak jauh tanpa diketahui oleh pengguna atau pemilik komputer.

6 Komentar leave one →
  1. Tyas permalink
    27 Agustus 2010 4:56 am

    virus dan trojan semakin canggih dan berbahaya.

  2. mum permalink
    2 September 2010 9:59 pm

    pak,gmn cr menggunakan Ccleaner, mohon petunjuk. trims

    • achmad sulfikar permalink
      6 September 2010 10:27 am

      cara menggunakannya sangat mudah, yang pertama harus anda lakukan adalah; 1. Ccleaner harus terinstall dulu dong (hehehe), 2. Untuk membersihkan anda cukup klik “cleaner” > “analyze” > “run cleaner”. 3. Untuk membersihkan file registry klik “registry” > “scan for issues” > “fix selected issues”. Oke bos?

  3. 15 Oktober 2010 8:04 pm

    Inilah ‘benda’ yang paling banyak dan paling sering ditemukan di PC… 😆

    • achmad sulfikar permalink
      15 Oktober 2010 9:45 pm

      hehehe…betul bro, makasih dah mampir😉

Trackbacks

  1. mengenal spyware | Sulfikar.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: