Skip to content

Out from my Blogroll !

13 Oktober 2010

Ya, akhirnya terpaksa saya melakukan hal yang cukup ekstrim ini. Menghapus beberapa (sebenarnya banyak, hehehe) link blog rekan-rekan dan sahabat blogger saya di blogroll. Ada beberapa alasan mengapa saya harus “menendang” link blog-blog itu. Tetapi sebelumnya saya ingin kemukakan alasan memasang link blog di blogroll saya. Saya memasang link blog sebenarnya bukanlah hasil tukar link dengan pemilik blog tersebut, melainkan hasil blogwalking yang kerap saya lakukan di waktu luang. Blog yang saya anggap menarik, inspiratif, informatif, menghibur, dan tentu saja kontennya unik (bukan hasil copy paste) biasanya langsung saya tempatkan di halaman blogroll ini, dengan atau tanpa permisi yang punya. Tiap blogger tentu saja punya alasan masing-masing mengapa mereka memasang sebuah link blog di blogroll mereka.

Lalu mengapa saya menghapus blog-blog itu? Alasan utama adalah karena beberapa blog itu saya anggap sudah “mati” atau mungkin sedang dalam keadaan koma. Mati karena ternyata sudah lama tidak di update sehingga saya anggap sudah tidak penting lagi untuk terpampang di blogroll. Lha’ yang punya blog saja sudah “tidak peduli” dengan blognya, betul tidak? Pertimbangan lain adalah tidak enak hati dengan pembaca blog Sulfikar.com ini, dengan membiarkan blog yang mati itu di blogroll secara tidak langsung saya mengarahkan pembaca untuk menziarahi blog yang sudah mati.

Sejatinya blog memang harus selalu di update secara rutin, atau menurut Wikipedia “maintain by an individual with regular entries..”, begitu juga menurut wordnetweb.princeton.edu bahwa blogger itu “a person who keeps and updates a blog”

A blog (a blend of the term web log) is a type of website or part of a website. Blogs are usually maintained by an individual with regular entries of commentary, descriptions of events, or other material such as graphics or video. Entries are commonly displayed in reverse-chronological order. Blog can also be used as a verb, meaning to maintain or add content to a blog.

So, masih mau membiarkan blogroll anda menjadi kuburan virtual bagi blog mati? Pikir lagi!

25 Komentar leave one →
  1. 13 Oktober 2010 6:32 pm

    berapa lama jangka waktu update normal?
    klo sebulan sekali tapi intens itu bisa dikatakan mati atau tidak?

    • achmad sulfikar permalink
      13 Oktober 2010 6:50 pm

      mestinya update itu teratur ” maintain with regular entries”.. memangnya kenapa harus membatasi diri dengan update sebulan sekali? lagipula kategori blog mati atau tidak itu urusan yang punya blogroll.

    • 15 Oktober 2010 3:17 pm

      masalahnya cuma bisa ol pakai hp…
      maklum didaerah tidak ada warnet… :mrgreen:
      jadi cuma bisa menampung tulisan sekali ol langsung banyak…

  2. 13 Oktober 2010 9:15 pm

    wah…blognya bagus dan informatif sekali…sippp bgt..maen2 ke blogkku ya…salam kenal dari semarang

    • achmad sulfikar permalink
      14 Oktober 2010 1:45 am

      makasih mbak Tiwi, siip langsung ke TKP nih..

  3. 13 Oktober 2010 11:26 pm

    welll..saya setuju bgt ama alesan yang satu ini. memang bener blog yang udah sekarat bagusnya β€˜ditendang’ daripada menuh2in isi blog. lagian lebih baik, nampanign blog yang aktif dan inspiratif . itung2 sebagai rasa salut karena udah rajin ngeblog plus menginspirasi banyak orang.

    anyway,…saya termasuk golongan yang mana ni??

    heheh..salam blogwalking dh :mrgreen:

    • achmad sulfikar permalink
      14 Oktober 2010 1:47 am

      rasa salut ya? betul, nampang di blogroll orang lain itu juga apresiasi untuk kita loh…

  4. 14 Oktober 2010 4:33 am

    aku termasuk orang yang konsistem dalam ketidak konsistenan lho mas.. :mrgreen:

    • achmad sulfikar permalink
      14 Oktober 2010 8:59 am

      apa bedanya dengan tidak konsisten dalam kekonsistenan ya?πŸ™„

  5. 14 Oktober 2010 6:58 am

    Wah, jarang ada yang berpikir seperti itu..hehe. Sampai saya bilang dalam hati, Iya ya..πŸ™„
    Di blogroll saya juga ada link yang sejak dipasang beberapa bulan lalu hingga sekarang sama sekali tidak pernah update. entahlah, mungkin yang punya sedang ‘liburan’..hehe..
    Tulisan ini memberi saya semangat!
    Terima kasih, Sob!πŸ™‚

    • achmad sulfikar permalink
      14 Oktober 2010 9:00 am

      bagaimana kalau di “tendang” saja link-nya? πŸ˜† (provokator mode on#)

  6. 14 Oktober 2010 12:22 pm

    saya sendiri sudah sejak cukup lama memutuskan untuk tidak menampilkan blogroll, baik dalam bentuk page ataupun di sidebar.

    btw, salam kenal

  7. 14 Oktober 2010 9:01 pm

    sebuah keputusan yang layak saya apresiasi, mas fikar. memang benar kok, saya ndak enak juga dah susah2 di-link, tapi blognya ndak pernah di-update. konon blogroll juga bisa menjadi cermin terhadap minat sang pemilik blog. salam ngeblog!

    • achmad sulfikar permalink
      14 Oktober 2010 9:10 pm

      saya setuju dengan “blogroll juga bisa menjadi cermin terhadap minat sang pemilik blog”… salam ngeblog juga Pak Guru!

  8. hanifimahaldi permalink
    15 Oktober 2010 11:17 am

    blog saya masih hidup loh mas, tapi isinya iklan semua. hahaha… :mrgreen:

    • achmad sulfikar permalink
      15 Oktober 2010 1:29 pm

      Iklan semua ya? kalo gitu Out from my Blogroll!! :mrgreen:

  9. 15 Oktober 2010 8:01 pm

    Gampang, kalo ga mau dihapus dari blogroll, terus update blog-nya.πŸ™‚

    Saya juga dua bulan yang lalu melakukan pembersihan blogroll, tapi lain dasarnya. Saya cek, apa ada blog yang menghilangkan ato gak memasang tautan blog saya, yang begitu saya hapus.πŸ˜€

  10. achmad sulfikar permalink
    15 Oktober 2010 9:53 pm

    motivasi memasang blogroll memang berbeda tiap blogger, kalo saya sih tidak peduli orang memasang link saya atau tidak. Blogroll itu juga sebagai “bookmark” untuk saya agar gampang mengunjungi blog-blog “favorit” saya..

  11. 21 Oktober 2010 11:15 pm

    wah, penerapan seleksi yang masuk blogroll sama kayak saya, protected banget :mrgreen:

    • achmad sulfikar permalink
      27 Oktober 2010 9:15 am

      Seleksi memang penting bos!πŸ˜€

  12. 10 Maret 2011 7:39 am

    Salam. he he he, kayaknya saya termasuk salah satu yang di tendang nich mas, tapi nggak apa2 meskipun tidak ada diblogroll saya tetap menjadi penggemar setia blognya mas fikar , link kesini tetap saya pasang buat nambah info dan ilmu. Memang benar saya jarang update karena faktor kesibukan, tetapi setiap hari tetap saya masih cek blog buat cek traffic pengunjung lumayan masih tetap konstan di rata-rata 150 orang. Wasalam.

  13. 23 April 2011 5:00 pm

    Mau ikutan numpang d blogroll boleh ga` gan??
    Dari pada nantinya di tendang kan mending izin dulu…hehe..πŸ˜†
    Kalo boleh ikutan masukin ya gan…
    Atau agan kirim aq e-mail…

    • achmad sulfikar permalink
      2 Mei 2011 2:34 am

      Boleh, tapi ane mau baca2 dulu…

Tinggalkan Balasan

