Skip to content

Selamat Datang Facebook Jamal Ibrahim

23 Februari 2011

Anda tentu tahu Facebook, kalau tidak berarti hari ini anda baru pertama kali online di dunia maya. Facebook telah menjadi sarana yang sangat efektif untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan siapa saja, di belakang menyusul Twitter dan jejaring sosial lainnya. Namanya saja jejaring sosial, informasi yang demikian masif berseliweran di sana-sini dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja. Tidak heran banyak orang yang memanfaatkan sifat masifnya informasi di Facebook untuk tujuan tertentu, cerita tentang kampanye Obama yang menggunakan Facebook sebagai salah satu ujung tombak kampanyenya menjadi satu kisah klasik fenomena internet dan facebook.

Jamal Ibrahim, Ayah si Facebook

Revolusi Mesir yang baru-baru terjadi sekali lagi membuktikan kekuatan jejaring sosial seperti facebook dan twitter sebagai kekuatan yang super dahsyat dalam menggerakkan “people power”. Ada satu kisah menarik tentang Facebook dan Revolusi Mesir yang saya kutip dari Al-Ahram. Adalah seorang warganegara Mesir, Jamal Ibrahim (20 tahun) yang memberikan nama kepada putrinya yang baru lahir FACEBOOK JAMAL IBRAHIM.

Pemberian nama ini sebagai bentuk ekspresi kegembiraan atas terjadinya perubahan di Mesir sekaligus ungkapan terima kasih untuk Facebook. Keluarga Jamal Ibrahim, teman-teman dan para tetangga di wilayah Ibrahimiyah berkumpul di sekeliling sang bayi untuk mengekspresikan dukungan mereka akan kelanjutan revolusi yang dimulai di Facebook itu. Si Facebook mungil pun banyak mendapat hadiah dari pemuda-pemuda yang sangat gembira dengan pemberian namanya itu.

Facebook dimanfaatkan oleh warga Mesir untuk berkoordinasi pada 25 Januari, hari pertama rangkaian demonstrasi yang berujung pada tumbangnya rezim Hosni Mobarak. Selain Facebook, Twitter, YouTube dan sejumlah situs lainnya juga turut ambil bagian dalam pemberontakan rakyat tersebut.

Hmmm… coba anda bayangkan nama bayi Pak Jamal Ibrahim itu seandainya rakyat Mesir menggunakan Kartu Pos atau Telegram untuk mengkoordinasikan gerakannya, dan bukannya Facebook.

5 Komentar leave one →
  1. 7 Maret 2011 5:01 pm

    blognya bagus..salam kenal ya…

  2. 23 April 2011 5:15 pm

    Ada ga` ya nama orang twiter…hehe…
    💡 😀

    • 23 April 2011 5:18 pm

      Padahal google lebih awal lahir dari pada facebook, tapi ko` yang di ambil facebook sich…google juga lebih bermanfaat, lebih pinter lagi….!!😆 ❗ ❓

Trackbacks

  1. Raja Media Rupert Murdoch | Sulfikar.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: