Skip to content

Cara optimasi blog dengan Plugin WP-Optimize

2 Mei 2011

Salah satu hal penting dalam urusan nge blog adalah optimasi blog. Optimasi blog yang saya maksudkan kali ini adalah membersihkan database pada hosting anda. Ini berlaku terutama bagi anda yang menggunakan shared hosting, misalnya Bluehost sebuah jasa penyedia hosting seperti yang saya gunakan selama ini. Penggunaan kuota database yang terbatas membuat anda harus rajin melakukan bersih-bersih, seperti kuota bluehost yang maksimal hanya sebesar 3 gb, lewat dari itu anda akan mendapatkan surat cinta dari Bluehost ToS Team, bukan pernyataan sayang tentu saja, melainkan ancaman bercerai dari hosting anda :lol:. Nah untuk menghindari sakitnya diputuskan, sebaiknya anda rajin bersih-bersih.. Cewek saja malas dekat-dekat kalo anda kotor dan bau, apalagi bluehost team..

Untuk membersihkan database hosting anda salah satu caranya dengan menggunakan plugin. Plugin? Iya plugin, bukan sapu lidi! Plugin yang saya rekomendasikan di sini namanya WP-Optimize. Plugin ini cukup simpel tapi sangat efektif, karena anda tidak perlu login ke database Admin MySQL atau phpMyAdmin. Dengan plugin ini anda dapat menghapus semua komentar spam maupun komentar yang belum anda setujui yang juga tersimpan dalam database dengan cukup satu kali klik. WP-optimize juga akan mengoptimalkan database dan melakukan kompresi ruang kosong untuk membuat blog anda menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Wp-Optimize juga menunjukkan besar tiap tabel yang ada dalam database sehingga anda bisa mengetahui tabel mana yang membuat blog menjadi berat dan perlu dioptimasi.

Oh iya satu lagi kelebihan plugin ini, anda juga bisa merubah dengan mudah username anda. Merubah nama username menjadi nama username yang baru, tanpa harus membuat user name baru dan menghapus user name yang lama melalui menu user profile. WordPress tidak memperbolehkan kita mengubah username, padahal username default (admin) menjadi salah satu celah tidak aman sebuah blog wordpress. Dengan WP-Optimize kita dapat mengubah username admin dan membuat semua postingan, komentar, dan objek terhubung dengan username yang baru.

Bay de way, syarat utama agar plugin ini mampu bekerja dengan baik dan benar adalah blog anda harus dijalankan oleh WordPress versi 2.9 ke atas.

Berikut tutorial cara penggunaan plugin WP-Optimize;

Cara Instalasi Plugin WordPress WP-Optimize

  1. Download versi terbaru WP-Optimize – saat ini versi terbaru adalah Versi 0.9.2 – kemudian upload di folder wp-content/plugins hosting anda lalu unzip; atau install langsung Wp-Optimize dari dashboard blog wordpress anda.
  2. Aktifkan plugin WP-Optimize melalui menu Plugins –> Installed Plugin
  3. Jika berhasil diinstall dan diaktifkan, plugin WP-Optimize ini akan terlihat di Dashboard blog wordpress, di bagian menu Dashboard –> WP-Optimize.

Cara Penggunaan Plugin WordPress WP-Optimize

Centang pilihan optimasi yang anda ingin dilakukan.

  • Remove all Post revisions, akan menghapus semua revisi tulisan yang tersimpan di database.
  • Remove all auto draft posts, akan menghapus auto draft tulisan yang tersimpan di database.
  • Clean marked Spam comments, akan menghapus semua komentar yang berlabel spam. Anda juga bisa melakukan review komentar yang masuk dalam kategori spam dengan melakukan klik pada Review Spams.
  • Clean Unapproved comments, akan menghapus semua komentar yang belum kita setujui.
  • Optimize Database Tables, akan mengoptimalkan table-tabel database yang diindikasi oleh WP-Optimize.
  • Security Tools, untuk mengubah username akun blog wordpress blog kita. Misalnya dari “admin” menjadi “pengelola”. (pilihan ini terserah anda, mau merubah atau tidak)
  • Klik tombol Process.

Nb. kalau mau pake cara cepat sebaiknya centang saja semua pilihan yang ada, toh plugin ini tidak akan capek-capek membersihkan database yang tidak perlu dioptimasi, KECUALI untuk Security Tools settingnya terserah anda, mau merubah atau membiarkannya kosong.

Setelah selesai, WP-Optimize akan memberikan laporan berapa besar database yang berhasil dioptimalkan.

Cukup mudah kan? Selamat mencoba!

7 Komentar leave one →
  1. arya permalink
    5 Mei 2011 1:11 pm

    terima kasih infonya…. lama nih sy cari2

  2. 22 Juli 2011 12:36 pm

    Terima kasi informasinya,,,,

  3. 24 Juli 2011 9:31 pm

    itu free,, atau bayar’???
    maaf pertamax gan>>>

  4. 8 Desember 2011 4:05 pm

    ini dia yang saya cari cari. nuwun agan yang cakep yaah.πŸ˜‰

  5. 8 Desember 2011 5:20 pm

    tinggal one click doang nih. keren.πŸ˜€

  6. 8 Desember 2011 5:40 pm

    bedanya sama wp-cleanup apa ya gan?

Trackbacks

  1. UTT SIM | Edza Rinaldi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: