Skip to content

Buat apa bersekolah?

23 Juni 2011

Pertanyaan ini begitu saja muncul di kepala saya sore tadi, setelah seharian dengan sabar menunggu dosen pembimbing meluangkan semenit dua menit waktunya untuk saya. Puluhan mahasiswa bergerombol di koridor kampus menambah pertanyaan baru, untuk apa mereka “membuang-buang” waktu bersekolah? Tapi saya hanya ingin mencari tahu jawaban dari pertanyaan pertama saja. Ya, untuk apa sekolah?  Iseng-iseng pertanyaan ini jadi status facebook saya hari ini, dan jawabannya? tentu saja jawaban ala fesbuker. Secara umum jawaban mereka sudah bisa ditebak, supaya pintar atau pandai katanya. Tetapi tentu saja sekolah hanya satu dari banyak jalan untuk menjadi pintar atau pandai.

Lalu, untuk apa bersekolah? Supaya dapat kerja? … Maaf bung, sebuah hasil penelitian dari Universitas Brawijaya menyebutkan jumlah sarjana yang menganggur di Indonesia saat ini adalah sebanyak 2,6 juta orang! Data yang lain menyebutkan jumlah keluaran Universitas yang menganggur setiap tahunnya mencapai 60%, sedangkan yang terserap lapangan kerja hanya 37%. Jadi, sekolah agar mudah dapat kerja? berhentilah bermimpi. Malah fakta banyak membuktikan tidak sedikit orang yang bisa bekerja bahkan membuka lapangan kerja bagi orang lain, yang ternyata dianggap tidak pintar karena tidak sarjana atau bahkan hanya sekolah sampai SMP saja.

Ada juga yang bercita-cita muluk, sekolah untuk kemudian membangun bangsa dan negara. Ini juga lucu, malah bisa membuat kita mual lalu muntah. Siapa yang menghancurkan bangsa ini? orang-orang yang mengaku pemimpin tetapi justru mengeruk kekayaan negeri dan rakyatnya. Dengan cara yang canggih, cara yang tidak pernah bisa terpikirkan dalam kepala orang-orang yang tidak bersekolah, mereka mencuri dan menumpuk harta di bawah retorika hukum dan aturan yang mereka kuasai dan buat sendiri. Mereka semua orang-orang pintar hasil didikan sekolah. Siapa lagi yang menghancurkan bangsa ini? sekumpulan dosen-dosen yang mendapatkan uang dengan membuatkan mahasiswanya skripsi untuk kemudian mereka uji sendiri … gubrak!!!#@!!!! dan mereka adalah …. orang-orang pintar hasil didikan sekolah-sekolah tinggi. Masih mau contoh lain? cari sendiri, saya mual.

Menurut saya, bersekolah itu tujuannya cuma satu. Belajar untuk tahu sesuatu, dari tidak tahu menjadi tahu. Dari proses tidak tahu menjadi tahu itu kita bisa belajar menjadi bijak. Itu saja, kalau itu yang anda cari saya yakin anda tidak akan kecewa. Mau kaya? berhentilah bersekolah, jadilah pengusaha. Terlanjur senang dengan dinamika bersekolah? ubah niat, menjadi bijak adalah tujuan yang lebih bermanfaat.

Oh iya, saya ingin mengutip salah satu jawaban dari salah satu teman atas pertanyaan di facebook saya, “buat apa bersekolah?” dan jawabannya “supaya tahu rasanya bolos!”. :razz:

 

8 Komentar leave one →
  1. 24 Juni 2011 9:06 pm

    Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

    hehehe…😛

    • 25 Juni 2011 7:56 pm

      pinteeeeeeeeer…😳

    • 26 Juni 2011 12:45 pm

      Isi undang-undangnya oke tuh’ tapi praktiknya? mari kita tanyakan pada rumput yang sudah malas untuk bergoyang…🙂

  2. 25 Juni 2011 7:55 pm

    kalo saya c supaya dikata pernah makan bangku sekolah, walaupun gak tau seperti apa sebenarnya rasa bangku itu, wkwkwkwkwk..😀

    • 26 Juni 2011 12:47 pm

      banyak yang pikirannya seperti ini mas, akhirnya yang ada adalah; banyaknya pemegang titel kesarjanaan (S1-S2) yang tidak jelas pernah kuliah dimana, para mafia skripsi, dan mafia ijazah… hmmm😥

  3. 12 Juli 2011 6:41 pm

    ha ha ha..

    tercerahkan sudah, tapi kalau tujuannya untuk merasakan yang namanya bolos, kayaknya saya ndak na kenna deh.. he he.. 😆

  4. angle permalink
    7 Agustus 2011 10:45 pm

    ternyata sekolah itu sangat penting ya ???????
    😳
    🙄
    😆
    :mrgreen:

Trackbacks

  1. Cara mudah menyusun skripsi | Sulfikar's blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: