Skip to content

Kuliah Manajemen Pers; Privatisasi Media

25 November 2011

Privatisasi Media. Privatisasi sebagai proses pengalihan pada level produksi pengelolaan media  dari sektor publik ke sektor swasta dan pada level konsumsi penerima media ditempatkan sebagai konsumen;

Bentuk privatisasi media: denasionalisasi, liberalisasi, komersialisasi, regulasi.

  • Denasionalisasi  penjualan saham perusahaan negara kepada pemodal swasta
  • Liberalisasi  memperkenalkan kompetisi ke dalam pasar yang tadinya dilayani oleh sebuah perusahaan (monopoli), misal: ijin TV swasta th 1989
  • Komersialisasi  pengurangan subsidi negara kepada media publik, sehingga media menggunakan iklan sebagai cara untuk hidup
  • Re-regulasi/deregulasi perubahan peraturan yang memungkinkan swasta terlibat lebih jauh dalam lembaga-lembaga komunikasi publik

Mengapa privatisasi?

  • Efisiensi: BUMN dianggap tidak efisien;
  • Untuk menjamin banyaknya pilihan bagi warga masyarakat;
  • Bagian lanjut dari perkembangan kapitalisme à neoliberalisme;
  • Tidak adanya dukungan ideologis terhadap keberadaan media publik
  • Negara tak perlu terlibat dalam urusan yang tak perlu, termasuk dalam penyiaran
  • Kolusi pemerintah dengan pihak swasta/kroni
  • Landasan regulasi penyiaran
  • Teknologi  teknologi yang dipakai media penyiaran mensyaratkan penggunaan frekuensi/gelombang udara, yang jumlahnya terbatas milik publik dan digunakan untuk berbagai kepentingan (penyiaran, penerbangan, telekomunikasi)
  • Dampak sosial-politik penyiaran mampu menembus batas sosio-kultural dan psikologis. Tak mengenal umur.
  • Kemampuan pasar –masing-masing daerah punya potensi pasar yang berbeda-beda. Perlu pembatasan secara transparan.

 

7 Komentar leave one →
  1. hasruddin. kpi, smester 5. permalink
    25 November 2011 3:26 pm

    1. “Kemampuan pasar –masing-masing daerah punya potensi pasar yang berbeda-beda. Perlu pembatasan secara transparan”
    ………..
    A. apa maksud pembatasan secara transparan?
    bukan kah bila pasar di btasi scara trans paran berarti membatasi pencarian nafkah orang lain.
    2. “Efisiensi BUMN di anggap blum efisien”
    A. di pandang dari segi mana sehinnga dikatan BUMN belum efisien?

    • achmad sulfikar permalink
      26 November 2011 2:49 am

      Yang dimaksud “pasar” di sini bukan pasar dalam pengertian tradisional, tetapi lahan atau ruang bagi lembaga pers untuk “bertransaksi” dengan masyarakat banyak, sehingga secara ekonomi lembaga pers tersebut dapat terus hidup.
      BUMN dikatakan tidak efektif jika target atau sasaran BUMN tersebut tidak tercapai, salah satunya mungkin disebabkan sistem dalam BUMN tersebut tidak berjalan dengan semestinya.

  2. akbar semester 5 kpi permalink
    27 November 2011 2:43 am

    1 .apa yang di maksud dengan denaliosasi penjualan saham perusahan negara kepada pemodal usaha?

    2 .kenapa BUMN dianggap tidak efisien?
    3.apa sebabnya sehingga tidak ada dukungan ideologis terhadap keberadaan media publik?

  3. 1 Desember 2011 4:54 pm

    maksunya negara tidak perlu ikut campur

    • yusriadi kpi semester 5 permalink
      1 Desember 2011 5:09 pm

      negara tidak perlu ikut campur dalam hal yg tidak perlu, terutama dalam hal penyiaran, tapi toch sampai hari ini segala sesuatunya di atur oleh undang-undang, semuanya di kehendaki oleh pihak-pihak elit nagara sesuai dengan bidangnya masing-masing. tidak ada kebebasan di negara ini yang keuntungannya masih di rasakan oleh negara.
      1. apa landasannya regulasi penyiaran ust?
      2. pembtasan pemasaran yang dilakukan hari ini seperti apa?
      3. untuk menjamin banyaknya pilihan warga masyarakat?

  4. muh nurhidayat permalink
    2 Desember 2011 1:57 pm

    apa yg dimaksud dengan regulasi dan deregulasi

  5. nasruddin permalink
    7 Desember 2011 8:35 am

    kenapa harus ada namanya, Privatisasi Media. Bukan kah ini merugikan para konsumen media krn impormasih yang mereka dapatkan tidak lagi complite karena media dikuasai oleh para pemegang saham , dengan demikian media ini hanya di gunakan sebagai ladang bisnis bukan ladang impormasi…….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: