Skip to content

Cara mudah menyusun skripsi

26 November 2011

Skripsi. Skripsi dalam bahasa inggris di sebut essay/thesis, these (jerman), thèse de (perancis), tráchtas (irlandia), mau lebih banyak lagi? pake google translate :lol:.

Skripsi bagi sebagian mahasiswa merupakan momok yang menakutkan, dianggap menjadi penghambat dan penunda selesainya proses studi mahasiswa S1. Kesan sulit, ribet, dan memerlukan konsentrasi penuh untuk mengerjakannya menjadikan sebagian mahasiswa tadi melihat skripsi sebagai titian rambut dibelah tujuh – sulit!

Padahal sebenarnya membuat skripsi tidak sesulit yang dibayangkan. Menurut saya, membuat skripsi memerlukan strategi dan beberapa pertimbangan sebelum membuatnya. Berikut cara mudah menyusun skripsi;

  1. Sesuaikan dengan minat dan rasa ingin tahu kamu. Masalah skripsi bermula di sini; banyak mahasiswa menentukan topik penelitian/skripsi tanpa melihat ini. Ikut-ikutan teman, ingin terlihat dan terkesan hebat, dan asal pilih topik, adalah asal mula marabahaya yang akan dihadapi mahasiswa. Jadi sebaiknya sesuaikan saja dengan minat, dan yang terpenting adalah rasa ingin tahumu terjawab dengan penelitian kamu sendiri. Bukankah rasa ingin tahu yang menjadi dasar dan motivasi kita bersekolah ? bukan hanya untuk jadi PNS :mrgreen:
  2. Banyak membaca. Bencana terbesar setelah tsunami bagi saya adalah kurangnya minat baca. Syarat baku dalam menulis, entah itu artikel, feature, atau skripsi sekalipun membutuhkan inspirasi dan informasi. Salah satu sumber utama untuk mendapatkan keduanya adalah membaca. Kurang membaca, yakin dan percaya kamu akan mati langkah untuk memulai membuat skripsi.
  3. Pelajari skripsi-skripsi yang lalu. Ingat, pelajari bukan copy paste. Inspirasi dan pertanyaan biasanya muncul juga dengan cara seperti ini. Kamu akan menemukan benang merah atau topik-topik yang sering diteliti sesuai dengan latar belakang jurusan atau mata kuliah yang sedang kamu geluti. Tinggal memilih, apakah akan membuat skripsi yang agak mirip atau berbeda dengan sebelumnya.
  4. Banyak konsultasi. Lakukan hal ini dengan teman-teman sejurusan, dosen, atau mungkin bertanya kepada senior-senior yang pernah membuat skripsi. Dari sini kamu akan mempelajari seluk-beluk dan suka-duka dalam menyusun skripsi. Dalam konsultasi ini kamu akan banyak terbantu dari banyaknya ‘tips’ yang dibagi oleh mereka yang pernah menyusun skripsi.

Saya kira beberapa tips mudah meriah di atas bisa membantu kamu dalam menyusun skripsi dengan baik. Tipsnya mudah bukan ?

Ingat, hindari melakukan copy paste, atau membeli skripsi. Yang membeli skripsi, membuat skripsi palsu, menawarkan skripsi palsu, tidak ada tempat yang lebih baik bagi mereka kecuali di tengah laut ! :evil:

8 Komentar leave one →
  1. 22 Desember 2011 1:12 pm

    patut dibaca oleh para ‘dosen’ & mahasiswa…😀

  2. 1 Februari 2012 6:09 am

    untung sy pilih judul skripsi yg memang menarik untuk saya teliti, referensinya alhamdulillah banyak, terus tempat konsultasi alhamdulillah banyak juga, pokoknya alhamdulillah yah siswanto?! 😆 😆 😆
    pokoke Say No to Skripsi Palsu ! 😯

  3. 8 Februari 2012 6:05 pm

    ajibb,, Like This “JANGAN COPAS”🙂

    kunjungi balik blog saya gan,,, hehee

  4. Tiana permalink
    10 Februari 2012 1:49 pm

    alhamdulillah,,
    like this banggeeeet,,menghilangkan kegalauan akn skripsi,,, syukron 😉

    • achmad sulfikar permalink
      25 Februari 2012 1:27 am

      sama-sama Tiana

  5. Wirga permalink
    16 Mei 2012 2:11 am

    ini yang saya hadapi… topik gk jelas, arah gk jelas… refesensi sangat minim😥

  6. 4 Juni 2012 12:37 pm

    wah, thanks infonya,,,,

  7. 3 Januari 2013 2:07 pm

    penjelasan yang menarik…
    thax….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: