Skip to content

Teori Ekologi Media 1

12 Maret 2012
medium-message

Kehadiran teknologi tidak dipungkiri memberikan pengaruh sangat besar dalam kehidupan manusia. Sadar atau tidak, manusia menjadi tergantung kepada teknologi. Pengaruh teknologi dalam kehidupan manusia menarik perhatian Marshall McLuhan, khususnya teknologi komunikasi. Menurutnya manusia memiliki hubungan simbolik dengan teknologi dan teknologi pada gilirannya menciptakan kembali siapa diri kita (McLuhan, 2006:354).

Menurut McLuhan, teknologi media telah menciptakan revolusi di tengah masyarakat karena masyarakat sudah sangat bergantung pada teknologi dan tatanan masyarakat terbentuk berdasarkan pada kemampuan masyarakat menggunakan teknologi. McLuhan melihat media berperan menciptakan dan mengelola budaya. Pemikiran McLuhan ini dinamakan teori mengenai ekologi media (media ecology), yang didefenisikan sebagai studi mengenai lingkungan media, gagasan bahwa teknologi dan teknik, mode informasi dan kode komunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan manusia (West, 2008:140).

McLuhan memandang penemuan teknologi sebagai hal yang sangat vital karena menjadi kepanjangan atau ekstensi dari kekuatan pengetahuan dan persepsi pikiran manusia. Pemikiran McLuhan melibatkan sejumlah disiplin ilmu dan menggunakan berbagai jenis teknologi, ia melihat adanya persimpangan (intersection) antara hubungan manusia dengan teknologi serta bagaimana teknologi tersebut memengaruhi persepsi dan pengertian manusia terhadap banyak hal. Media adalah esensi peradaban dan sejarah diarahkan oleh media yang mendominasi pada setiap zamannya.

Pengaruh teknologi media pada masyarakat menjadi gagasan utama dari teori ekologi media. Gagasan ini dapat ditinjau dari tiga asumsi yang menjadi landasan teori tersebut (West, 2007:463):

  1. Media memengaruhi setiap perbuatan atau tindakan dalam masyarakat (media infuse every act and action in society),
  2. Media memperbaiki persepsi kita dan mengelola pengalaman kita (media fix our perceptions and organize our experineces),
  3. Media mengikat dunia bersama-sama (media tie the world together).

Pemikiran McLuhan yang paling terkenal adalah ungkapannya yang menyebutkan bahwa media adalah pesan (medium is the message). Melalui ungkapan itu McLuhan menegaskan bahwa pesan yang disampaikan media sama pentingnya dengan media atau saluran komunikasi yang digunakan pesan untuk sampai kepada penerimanya. Dengan kata lain media atau saluran komunikasi memiliki kekuatan dan memberikan pengaruhnya kepada masyarakat, dan bukan isi pesannya. Orang yang chatting di Internet atau berkomunikasi dan berinteraksi melalui facebook atau blog bisa jadi tidak terlalu mementingkan isi pesan yang mereka terima atau isi pesan yang mereka tulis, tetapi kenyataan bahwa mereka menggunakan internet atau facebook  itulah yang penting.

Menurut McLuhan, dalam menggunakan media orang cenderung mementingkan isi pesannya saja dan seringkali tidak menyadari bahwa media yang menyampaikan pesan itu juga memengaruhi kehidupannya. Menurutnya, media membentuk dan memengaruhi pesan atau informasi yang disampaikan. Suatu pesan yang disampaikan melalui radio memberikan pengaruh berbeda jika pesan tersebut disampaikan melalui televisi. (Bersambung)

(Tulisan ini adalah bagian dari Tesis saya yang berjudul “Politik Pencitraan SBY; Analisis framing blog kompasiana Wisnu Nugroho tentang komunikasi politik Presiden SBY”)

6 Komentar leave one →
  1. Gian permalink
    4 Mei 2012 9:15 pm

    kira2 teori ini bisa digunakan untuk penelitian mengenai perilaku komunikasi di game online kah?

    thx b4

Trackbacks

  1. Teori Ekologi Media 2 | Sulfikar's blog
  2. ILMU SOSIAL DASAR « arachma86
  3. ilmu sosial dasar « UROBOROUS
  4. Tugas ILMU SOSIAL DASAR | gagasinfinite
  5. ILMU SOSIAL DASAR « sonysugiarto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: