Skip to content

Teori Ekologi Media 2

4 April 2012
ekologi media

Sebagai kelanjutan dari gagasan sebelumnya mengenai teori ekologi media, McLuhan mengembangkan lebih jauh pemikirannnya dalam menjelaskan efek teknologi terhadap masyarakat dengan mengajukan gagasan yang disebutnya hukum media (media laws). Pengembangan teori ini menghasilkan efek lingkaran media, yaitu teknologi baru memengaruhi cara orang berkomunikasi, cara orang berkomunikasi membawa perubahan pada masyarakat, dan perubahan masyarakat menyebabkan munculnya teknologi baru (McLuhan dan McLuhan, 1988). McLuhan mengajukan konsep yang disebut Tetrad sebagai upaya untuk memahami hukum media yang terdiri atas empat hukum media, yaitu penguatan, ketertinggalan, penemuan, dan pembalikan;

  • Penguatan (enhancement). Hukum yang menyatakan bahwa media memperkuat masyarakat. Menurut McLuhan, internet memperkuat masyarakat dengan cara-cara:

–          Internet memiliki potensi untuk memperkuat sejumlah indra sekaligus termasuk penglihatan dan pendengaran.

–          Internet memberikan akses yang lebih luas terhadap informasi.

–          Internet dapat memperkuat pembagian kelas di masyarakat karena kelompok masyarakat kaya dan miskin dapat mengakses internet.

–          Internet memperkuat desentralisasi kekuasaan. Penguasa tidak menjadi satu-satunya pihak yang memiliki akses terhadap informasi.

  • Ketertinggalan (absolescence). Menyatakan bahwa media mampu menjadikan sesuatu hal menjadi tertinggal atau ketinggalan zaman dan tidak berguna.
  • Penemuan (retrieval). Hukum ketiga menyatakan bahwa media menemukan kembali dan menyimpan sesuatu yang dulu pernah hilang. Apa yang dulu dianggap sudah tidak berguna atau ketinggalan zaman, muncul kembali dan digunakan lagi.
  • Pembalikan (reversal). Menyatakan bahwa media akan menghasilkan atau menjadi sesuatu yang lain jika didesak hingga ke batas akhirnya. Pembalikan mengandung ciri-ciri atau karakteristik dari sistem mana dia berasal.

(Tulisan ini adalah bagian dari Tesis saya yang berjudul “Politik Pencitraan SBY; Analisis framing blog kompasiana Wisnu Nugroho tentang komunikasi politik Presiden SBY”)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: